circle-childrenMengerti dan menghormati orang lain memang terkadang terasa sulit untuk melakukannya. Padahal itu adalah cara yang paling aman untuk kita menjalani kehidupan sehari – hari. Termasuk dalam kita menjalani persahabatan dengan para sobat – sobat kita. Kayaknya kita perlu beberapa kiat untuk menjaga agar persahabatan yang kita jalani nggak mudah pudar dan berakhir. So…yuk kita perhatikan dech beberapa tips berikut ini !!!


1. Menjadi Pendengar yang baik buat para sobat kita.

Jadilah Pendengar yang baik buat teman – teman kita. Jangan pernah sekalipun kita bersikap menggurui. Memberi nasehat boleh – boleh aja. Tapi jangan melakukannya dengan cepat. Perlahan – lahan namun pastikan temanmu itu mendengarkannya.
2. Menjaga kepercayaan.

Peliharalah kepercayaan yang telah di berikan oleh teman dekat kita itu. Jangan pernah sekali –kali kita mengobral rahasia teman kita tersebut pada orang lain. Saling jaga rahasia. Anggap saja antara kita dan dia ada sebuah permainan yang hanya bisa dimainkan oleh kita dan sobat kita.

3. Mengerti karakter pribadi masing – masing.

Cobalah mengerti bagaimana karakter temanmu. Hormatilah pendapatnya. Walau kadang kalian bisa saling berbeda pendapat dan keyakinan. Namun pasti ada jalan tengah yang bisa ditempuh asal jangan tergesah – gesah memutuskannya.

4. Mau memberi dukungan.

Berilah dukungan dan jangan sungkan – sungkanlah untuk memberikan pujian saat dia meraih suatu keberhasilan. Biasakanlah untuk kesampingkan kesalahan dan kelemahannya.
5. Jangan pernah malu untuk meminta maaf.

Jika memang bersalah jangan pernah ragu untuk meminta maaf pada sobat kita, saat kita melakukan sebuah kesalahan padanya. Setelah itu berusahalah perbaiki kesalahan yang pernah kita perbuat tersebut. Begitu pula sebaliknya, berikan maaf dan lupakan kesalahannya jika ia bersalah pada kita.
6. Jangan terlalu menggantungkan diri.

Dekat bukan berarti harus tergantung sama sobat. Berikan pertolongan secukupnya. Jagalah ”jarak” yang wajar. Mundurlah sedikit bila kita merasa pertemanan sudah terlampau dekat. Sebaliknya, mendekatlah kala kita merasa pertemanan sudah semakin renggang.

7. Luangkan sedikit waktu untuk kumpul dan refresing.

Luangkan waktu untuk kita bersantai dengan para sobat kita agar lebih terasa kekeluargaan.

8…Buang rasa iri.Kebahagiaannnya adalah milik kita juga. Jadi jangan pernah merasa iri atas

keberhasilan yang telah diraih sobat kita. Ada baiknya kitapun ikut bahagia atas keberhasilannya.