Sebuah pesan yang kita dengar ketika masih kanak-kanak adalah bahwa lebih baik memberi daripada menerima. Atau yang terbaik adalah menjadi rendah hati. Adalah terbaik untuk tidak menyinarkan sinar terang atas diri kita sendiri.

Hal itu benar, namun tidak sepenuhnya benar. Kita juga perlu mengenali bahwa sampai kita menghargai diri kita dengan kasih dan belas kasihan barulah kita mampu memberi sepenuhnya kepada orang lain, atau menyinarkan terang kepada orang lain atau kita tidak akan benar-benar mengerti arti kerendah-hatian.

Langkah-langkah sederhana di bawah ini akan membawa Anda menapaki sebuah jalan untuk menghargai keunikan diri Anda setiap hari. Gunakanlah langkah-langkah ini untuk melihat bagaimana Anda melakukannya. Pilihlah untuk membuat perombakan di tempat dimana perombakan dibutuhkan.

1. Ambillah waktu untuk berdiam diri setiap hari. Ya, memang betul ada banyak sekali yang harus diselesaikan. Sekali Anda memelihara suatu kebiasaan untuk menjadi tenang, baik untuk merenung, berdoa atau bermeditasi maka Anda akan tercengang melihat betapa lebih efisiensi Anda melaksanakan tugas-tugas, kewajiban dan proyek-proyek Anda.

2. Perlakukan diri Anda dengan penuh perhatian, lebih dari Anda memperlakukan orang lain. Cintai dan rawatlah diri Anda sendiri seperti Anda mencintai dan merawat mereka yang ada di sekeliling Anda. Sekali Anda mampu memperhatikan diri Anda, maka memperhatikan orang lain bukan lagi suatu usaha yang berat menum mengalir keluar dari hati Anda dan lebih dari sekedar kewajiban.

3. Terimalah pujian dari orang lain dengan keanggunan. Jangan pernah merendahkan mereka dengan mengacuhkan atau mengingkari pujian mereka. Sebaliknya terimalah layaknya Anda menjadi kotak harta karun atau hadiah yang lama dinantikan. Ucapkan syukur bahwa mereka dapat melihat sesuatu ekstra istimewa mengenai Anda!

4. Ambillah waktu melakukan investasi dengan cara mengembangkan suatu persahabatan yang dekat. Gabungkan beberapa teman untuk membentuk berbagai aktivitas dalam kerutinan sehari-hari. Berlatihlah bersama seorang teman melalui makan bersama. Tetaplah berhubungan melalui email singkat atau 10 menit menelepon setiap hari dan TEPATI bila melakukan janji bertemu.

5. Kelilingi diri Anda dengan keindahan. Hargai rumah Anda dengan mendekornya sebagai satu cara untuk mengekspresikan siapa diri Anda dalam pekerjaan rumah. Apabila Anda berani, pergunakan warna-warna berani dan asesoris. Nyalakan lilin beraroma wangi, dengarkan musik yang Anda suka, pergunakan sabun yang penuh bisa dan berbau wangi.

6. Berilah dengan gembira dan terima dengan tangan terbuka. Kenalilah bahwa memberi dan menerima adalah suatu rangkaian yang sama dan tidak terpisah sama sekali! Belajar memberi sepenuhnya menterjemahkan menerima lebih dari pada yang pernah Anda rancangkan atau harapkan dalam menerima.

7. Jadilah bagian dari komunitas yang lebih besar. Hal ini bisa saja berarti seuah kelompok tertentu atau mungkin suatu lingkaran sahabat atau grup diskusi buku. Hubungkan diri Anda dengan mereka yang memiliki kesamaan hobby, cita-cita dan visi bagi dunia. Sinergi akan memperlengkapi Anda dengan kekuatan yang menakjubkan ketika Anda bergabung dalam sebuah komunitas dimana Anda secara sejajar dapat memberi dan menerima pada tingkat paling rendah secara teratur.

8. Jadilah mentor atas seseorang secara sederhana demi kesenangan mengobservasi dan menjadi telibat dalam pertumbuhan mereka. Undanglah seseorang yang tidak memiliki tingkatan keahlian yang sama seperti Anda selagi Anda berjalan bersamanya. Dengarkanlah masukan mereka dan lihatlah apa yang dapat Anda ciptakan bersama-sama. Kesempatan-kesempatan adalah Anda akan belajar banyak dari mereka (demikian juga sebaliknya) menciptakan situasi Win/Win sekaligus mempelajari kekuatan-kekuatan dan kelemahan Anda sendiri dalam suatu proses.

9. Hiduplah dengan tujuan, visi, suatu hidup yang berorientasi kepada berbagai penyebab. Kenali dan rengkuhlah bahwa Anda sedang menciptakan hidup Anda seperti seorang seniman ahli setiap hari. Anda dapat memilih tiap-tiap hari apakah Anda menghendaki hidup yang dengan mudah dan berjalan begitu saja atau Anda menghendaki untuk menjadikannya penuh. Pilihlah yang kedua.

10. Cintai diri Anda dengan sepenuh hatimu, jiwamu dan kekuatanmu tanpa ada kaitan dengan apa yang Anda sedang capai dalam hidup Anda hari ini. Jadilah seorang yang berbelas kasihan dan pengertian namun sekaligus berdiri teguh dalam satu pengetahuan bahwa Anda dengan amat menakjubkan adalah unik dan mampu. Ketika Anda menguasai keseimbangannya, bila dikaitkan dengan hasil-hasil akhirnya nanti bukan lagi menjadi suatu masalah karena Anda akan mencapai hasil yang jauh melampaui imajinasi Anda. Anda akan menjadi begitu magnetis dan Anda akan bertanya-tanya di mana saja Anda selama ini ? Jawabannya? Anda TEPAT ada di sana, siap dan menunggu untuk mengikuti prinsip-prinsip sederhana ini. Hiduplah dengan Gairah. Hari ini.