Dapet informasi kalo Abang Rafif di sekolah sangat disukai teman-temannya, semua pada berebut duduk dekat abang Rafif…(mama dan ayah jadi GR deh dengernya…). Penasaran, ayahpun nanya ke Rafif kenapa dia begitu disukai oleh teman-temannya. Karena Rafif bilang enggak tau kenapa, ayah menyarankan Rafif bertanya pada teman-temannya. Pulang sekolah, dengan semangat Rafif menceritakan jawabannya sambil senyum-senyum (malu-malu gitu)  “Soalnya Rafif baik, jadi semua suka”

Wah, hebat jagoan ayah! Ayah jadi iri deh sama Rafif. Ayah juga mau dong temannya banyak seperti Rafif.

“Makanya yah, ayah ga boleh marah-marah seperti tadi, nanti teman-teman ayah ga ada yang suka sama ayah. Terus kalo berbuat salah, ayah minta maaf, terus ayah menyelesaikan masalah tidak dengan fisik, terus ayah harus suka berbagi, terus ayah juga harus suka kasih tahu teman informasi, selalu tersenyum, dan tidak lupa peraturan, selalu membuat teman nyaman”

Subhanallah…pemahaman abang Rafif mengenai cara-cara agar disukai teman ternyata oke banget. Dan jika memang apa yang diucapkannya itu benar2benar dia lakukan di sekolah…berarti jagoan mama dan ayah bener2 hebat…semangat meniru apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad. Terima kasih ya Allah…

Begitu banyak cara yang bisa kita lakukan agar kita selalu menjadi sosok yang membuat teman senang, nyaman dan bahagia, dan kita orang dewasa benar-benar sudah amat sangat memahami hal itu. Namun, betapa sering kita memaafkan dengan syarat, tersenyum jika hanya ada maunya, menyelesaikan masalah dengan marah, tidak mau berbagi informasi agar kita dianggap paling pintar, susah sekali minta maaf dan mengakui kesalahan, melakukan hal yang merusak tali silaturahmi.

…Astagfirullah…maafkanlah kelalaian kami ya Allah…

Ya, Allah, ampunilah segala kesalahan kami, dan jika Engkau tidak mengampuni kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang merugi…Amien.

Alhamdulillah, seorang anak berusia 5 tahun, yang sudah mau melakukan semuanya dengan tujuan menjaga silaturahmi dengan teman-temannya, membuat temannya nyaman dan bahagia, memberikan sebuah pelajaran berharga yang patut dicontoh oleh kita orang dewasa.