Pada dasarnya tidak ada jurusan IPA maupun IPS
itu hanya pengaruh bawaan masa lalu dimana IPA akan mengarah ke jenjang elit seperi kedokteran dan IPS hanya penampungan mereka yang bermasalah..jika pendapat seperti yang saya sebutkan tadi masih ada yang serukan, atau masih bawa2 “gengsi”…jelas pemikirannya masih belum maju mengikuti perkembangan era modern ini.

Untuk jurusan tergantung bakat dan minat kamu, pilih yang mendominasi, dan jangan didasarkan 1-2 mata pelajaran dari jurusan tertentu, anda bingung.

Sampai saat ini, masih banyak orang tua dan masyarakat yang beranggapan bahwa anak yang hebat adalah anak yang nilai matematika dan IPA nya tinggi. Paradigma berpikir orang tua seperti ini akan sangat berpengaruh pada anak tentang arti kesuksesan.

Jurusan IPA lebih kepada pengetahuan Akademik ,maksud nya jurusan ini memerlukan otak yang cerdas ,kreatif dan berdisiplin ,bahan pelajaran mengenai matematik.biologi,chemist.b.inggris,nila… harus bagus sebab jurusan ini mempersiap kan pelajar mengambil jurusan kedokteran ,engenering, biomedical egenering ,

Jurusan IPS mengarah kepada yang suka mengingat dan lancar dalam komunikasi.jurusan ini mempersiapkan pelajar dalam bidang hukum ,ekonomi,dll. jadi anda orang yang pertama yang mengetahui kemampuan anda ,pilihlah jurusan yang sesuai kemampuan berfikir anda ,sekali anda memilih maka anda harus menyelesaikan nya .

coba kamu pehatikan ini,dan jawab untukmu sendiri
1. Kamu lebih minat pelajaran2 yang ada di IPA atau IPS?
2. Nilai2 kamu lebih bagus di pelajaran2 IPA atau IPS?
3. Apakah kamu sudah menentukan ingin masuk kuliah apa kelak?
4. Walaupun jurusan IPA bisa masuk kuliah apa saja, namun kamu juga harus memikirkan apakah suka dengan semua pelajaran di IPA dan sanggup atau tidak?

Apabila kurang yakin juga, kamu bisa konsultasi dengan wali kelas, guru BP, orang tua (yang akan membiayai kuliah kamu kelak) dan juga teman2 lain.

Kalau misalnya kamu memang tidak atau kurang mampu IPA, jangan merasa malu untuk masuk IPS dan jangan merasa IPS itu hanya untuk anak buangan. Jalankan saja yang kamu bisa, karena tidak sedikit anak2 IPS juga yang jadi orang berhasil kok.

Sebenarnya lapangan pekerjaan lebih banyak untuk jurusan IPS daripada jurusan IPA. IPA tidak lebih baik dari IPS. Yang ambil jurusan IPA pinternya di IPA, sedangkan yang ambil jurusan IPS pinternya di IPS. Anak IPA belum tentu bisa Akuntansi, sedangkan anak IPS belum tentu bodoh di matematika

tinggal kamu yang menentukan….yang pasti TIDAK MENJADI BEBAN BUATMU…
jangan karena ikut2an…
Jangan karena paksaan
jangan sesuai gengsi
jangan ngikut2 aja…
jangan pula melihat jurusan ini banyak tugasnya atau jurusan itu banyak pusingnya dan sebagainya

pilih sesuaikemampuanmu, dimana kamu merasa mampu pilihlah itu…
Ingat !! masing2 punya bidangnya sendiri, tak ada yang lebih baik maupun buruk…

IPA pada umumnya ke bagian kedokteran dan teknik
IPS pada umumnya kuliah di bagian ilmu ekonomi,akuntansi dan manajemen

kalau kamu ingin ke bagian apoteker atau psikiater, memang jurusan IPA yang dipilih..karena ada ilmu kimia di perlukan disana (biasanya untuk obat)….
jika ingin psikolog jurusan apa saja termasuk IPS tidak masalah karena mengenai ilmu jiwa dan konseling..

Pengalaman sya sejak pertama kali menginjak SMA, keinginan saya langsung ke IPS..dan terwujudkan..saya enjoy menjalaninya…tak risih orang mau bilang apa karena itu pilihan saya untuk masa depan saya…ikuti alur dan minatmu..