Buat kalian yang sekarang udah kelas 3 SMA (dan yang masih kelas 1 atau 2 ini mungkin bisa jadi bahan referensi ), mungkin ada sedikit informasi yang bisa kalian ketahui untuk menambah referensi kalian tentang perguruan tinggi. Yang jelas perguruan tinggi itu terbagi menjadi tiga, perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta, dan perguruan tinggi yang punya ikatan dinas. Kalian bisa milih tuh mana perguruan tinggi yang sesuai dengan keinginan kalian, sesuai dengan keadaan financial (keuangan), dan sesuai dengan prospek kerja yang diminati. Untuk bisa bergabung kedalam perguruan tinggi itu kalian bisa menempuhnya dengan tiga jalur, yaitu SNMPTN, PMDK, dan UM. Nah sekarang kalian tinggal meninmbang-nimbang mana yang kalian anggap cocok dan sesuai dengan cita-cita serta keinginan kalian, coba bicarakan kembali dengan orang tua dan jika ingin konsultasi lebih lanjut coba deh konsultasikan dengan guru BK sekolah, …^_^

Oya..hampir lupa…di bawah ini ada link dimana kalian bisa akses langsung tentang berbagai perguruan tinggi negeri, swasta, dan ikatan dinas di indonesia…

1. Link untuk perguruan tinggi negeri di Indonesia

http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_perguruan_tinggi_negeri_di_Indonesia

 

2. Link untuk perguruan tinggi swasta di Indonesia

http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_perguruan_tinggi_swasta_di_Indonesia

 

3. Link untuk perguruan tinggi ikatan dinas

http://evisyari.wordpress.com/2009/02/22/daftar-sekolah-tinggi-ikatan-dinas/

 

Atau bisa juga kalian langsung klik saja Daftar Perguruan Tinggi yang ada dsamping Blog BK ini….

Jangan lupa yah…kalo kalian pengen liat lebih lanjut tentang perguruan tingginya…kalian bisa klik alamat website perguruan tingginya di setiap artikelnya…^_*